Selasa, 20 November 2018

Pengaruh Teknologi terhadap perkembangan grafis dan permodelan yang ada serta Pengaruh Grafis terhadap perubahan teknologi


A. Perkembangan Desain Grafis di Berbagai Media

     Desain grafis pada awalnya hanya terbatas pada media cetak (dua dimensi). Tapi, perkembangannya hingga saat ini semakin tidak terbendung, bahkan sampai merambah ke dunia multimedia (diantaranya audio dan video). Desain grafis diterapkan dalam media eletronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.

     Pada pertengahan 1980, kedatangan desktop publishing serta pengenalan jumlah aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi gambar dengan komputer dan penciptan gambar 3 dimensi yang sebelumnya merupakan kerja yang susah payah. Pada umumnya komputer dianggap sebagai alat yang sangat diperlukan dalam industri desain garfis. Akan tetapi, beberapa perancang grafis melanjutkan penggunaan alat manual dan tradisional dalam berkarya, seperti Milton Glasser. Beberapa software dalam desain grafis :

1. Adobe Photoshop;
2. Adobe Illustrator;
3. Adobe After Effect;
4. CorelDraw;
5. Macromedia Freehand;
6. Dll.

     Dalam hal ini, untuk menghasilkan suatu gambar yang mempunyai nilai seni tinggi tidak sekedar pengguasaan software itu sendiri tetapi lebih cenderung kepada seni dan kreatifitas serta imajinasi dalam menuangkan ke dalam gambar tersebut.

B. Pengaruh kebudayaan dan teknologi dalam membuat Desain Pemodelan Grafis

Ada banyak cara untuk Desainer menyampaikan arti dan informasi dalam desain grafis diantaranya adalah melalui budaya atau adat – adat setempat, dikarenakan budaya – budaya setempat mempunyai banyak nilai – nilai, sejarah, dan bahasa yang dapat diambil manfaatnya, seperti pengunaan simbol atau tokoh pahlawan nasional.Teknologi pun juga berperan penting dalam membuat desain pemodelan grafis dan dapat mempengaruhi bagaimana desain tersebut diproduksi dan teknologi yang lebih maju dapat mempercepat dan mempermudah kita untuk membuat desain pemodelan grafis dan teknologi menawarkan desainer berbagai media yang ada untuk mengerjakan proyek – proyek mereka salah satu contohnya seperti software.

C. Desain Pemodelan Grafis dari segi Interaksi Manusia dan Komputer

Interaksi manusia dan komputer (bahasa Inggris: human–computer interaction, HCI) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia dan Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik. Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan.

desain pemodelan grafis sangat dibutuhkan dalam interaksi antara manusia dengan komputer, dengan menggunakan visual interaksi orang awam pun dapat dengan mudah mengoperasikan sistem komputer tersebut.

     Metode yang dapat digunakan untuk proses interaksi antara manusia dan komputer adalah:

 

 1.  Ergonomik

     Aspek fisik yang mendukung dalam menciptakan lingkungan kerja yang nyaman. Karena manusia bekerja didepan komputer memerlukan waktu yang lama. Misal : keyboard, mouse, posisi duduk, dll.

 

2. Sosiologi

     Pengaruh interaksi manusia dan komputer dengan aspek sosial masyarakat.

 

3. Kecerdasan Buatan

     Bertujuan agar komputer dapat melakukan pekerjaan sebaik yang dilakukan manusia. Faktor ini berperan penting untuk menciptakan suatu sistem yang handal, canggih dan meyerupai pola pikir manusia.

 

4. Multimedia

     Sarana dialog yang sangat efektif antara manusia dan komputer. dengan adanya multimedia, tampilan suatu sistem yang dibuat akan lebih menarik dan lebih mudah dimengerti oleh manusia.

 


Sumber :






 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar